Apa itu Website?

Apa itu Website?

By: BangMar





Sebuah site atau website adalah sebuah pusat lokasi dari halaman-halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses melalui sebuah aplikasi bernama browser. Website juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Halaman website dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML (Hyper Text Markup Language). Skrip HTML ini akan diterjemahkan oleh web browser sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk informasi yang dapat dibaca oleh semua orang. Berbeda dengan HTML yang ditujukan untuk membuat struktur, atau konten dari halaman web, CSS digunakan untuk tampilan dari halaman tersebut. Istilahnya, “HTML for content, CSS for Presentation”. CSS dibuat untuk memisahkan konten utama dengan dengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna, dan font. Lalu, untuk membuat website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis, muncullah JavaScript. Penggunaan kode JavaScript sangat dibutuhkan untuk website-website yang berorientasi pada kenyamanan pengakses (user-experience). Namun, kode JavaScript tidak akan maksimal jika tidak dibarengi dengan penggunaan CSS karena JavaScript juga tidak akan lepas dari HTML.

Secara umum, website terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1.     Website Statis
Website bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan seperti apple.com, samsung.com, gojek.com, etc.

2.     Website Dinamis
Website bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website dinamis adalah seperti facebook, Twitter, etc.

3.     Website Interaktif
Website interaktif adalah suatu website yang memperkenankan penggunanya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan menggunakan fitur-fitur pada website-nya. Atau bisa dibilang juga sebuah website dimana pengunjungnya bisa mem-post-ing tanggapan mereka dan memberi komentar untuk berkomunikasi yang bertujuan untuk mendapatkan solusi dari pertanyaan mereka dalam sebuah situasi yang lebih santai dan relatif lebih efektif. Contoh dari website jenis ini adalah Quora.com, kaskus.com, reddit.com, etc.

Perbedaan antara Website dan Blog

Untuk mengetahui perbedaannya, pertama-tama kita harus mengetahui apa itu blog. Blog adalah tipe website di mana konten yang ditampilkan dalam urutan paling atas adalah konten yang terbaru. Konten dari blog biasanya berbentuk form dari entries atau sebutannya “blog posts”. Tampilan dalam blog cenderung lebih dinamis dan biasanya konten dalam blog lebih sering diperbarui. 

Selanjutnya, website adalah kumpulan dari halaman web dan konten multimedia yang tersusun dalam 1 domain. Website biasanya di-hosting dengan web hosting services – yang dapat membuat web tersebut dapat diakses melalui World Wide Web (WWW).

Jadi, kesimpulannya blog adalah salah satu tipe dari website. Perbedaannya hanyalah blog lebih cenderung diperbarui atau memasang konten secara rutin dan website cenderung memiliki tampilan yang kaku dan terorganisir ke beberapa halaman.

"A bad website is just like a grumpy salesperson"
 Jakob Nielsen



Source:

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soft Skills