Soft Skills

Soft Skills
sumber: Wikijob.co.uk




Kenapa sih Soft Skill itu Penting Banget?
Soft skill adalah sesuatu yang membedakan kandidat-kandidat biasa dengan kandidat yang ideal. Dalam banyak lapangan kerja yang kompetitif, kriteria perekrutan tidak berhenti di kemampuan teknis dan pengetahuan terapan. 

Terutama dengan skema kelulusan, rekruter akan mencari orang yang bisa menjadi pemimpin dan  kepemimpinan itu sendiri tegantung beberapa soft skill utama.

Apa Saja sih Kunci dari Soft Skill tersebut?
1. Communication
Komunikasi tidak hanya kumpulan suku kata ataupun kata-kata pembangkit semangat saja. Komunikator yang  cakap dapat mengatur ketinggian suara dan gaya bicara mereka berdasarkan audiens yang ada.

2. Self Motivation
Memiliki sikap positif dan inisiasi untuk bekerja dengan baik tanpa merasa harus terus diawasi sepanjang waktu adalah hal yang sangat vital bagi semua karyawan.

3. Leadership 
kepemimpinan dapat dianggap sebagai kumpulan dari beberapa soft skill lainnya, seperti pada umumnya sikap dan penampilan yang positif, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif,  dan bakat dalam memotivasi diri sendiri dan orang lain.

4. Responsibility 
Kesadaran diri itu mungkin jarang dibicarakan, tapi tahukan anda kalau kesadaran diri (self-awareness) adalah salah satu soft skills yang paling berharga. Salah satunya adaalah, mengetahui kapan harus bertanggung jawab  atas semua kesalahan yang telah anda perbuat dengan segala kerendahan hati, dan kemauan yang tinggi untuk belajar dan maju

5. Teamwork
Bekerja dalam tim menuju tujuan bersama memerlukan intuisi dan ketajaman interpersonal (maksudnya komunikasi antara 2 orang atau lebih) unutk tahu kapan saatnya menjadi leader dan kapan saatnya menjadi listener.
Anggota tim yang baik adalah yang tanggap serta reseptif (berpemikiran terbuka) terhadap kebutuhan dan tanggung jawab lannya.

6. Problem Solving
Pemecahan masalah tidak memerlukan analitis, kekreativitasan, dan kemampuan kritis, tetapi cukup dengan mindset: 
"Those who can approach a problem with a cool and level head will often reach a solution more efficiently than those who can not."  
atau simple-nya bisa diartikan orang yang dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin (tenang) dapat menyelesaikan masalah lebih efisien dibanding dengan orang yang tidak bisa tenang dalam menyelesaikan suatu masalah.

7. Decisiveness
Decisiveness atau ketegasan menggabungkan banyak kemampuan yang berbeda, seperti:  kemampuan untuk melihat masalah dari berbagai perspektif, untuk menimbang semua pilihan, untuk menilai semua informasi, dan yang paling penting untuk mengantisipasi konsekuensi yang akan muncul, maupun itu baik ataupun buruk.

8. Ability to Work Under Pressure and Time Management
Para perekrut menghadiahkan setiap kandidat yang dapat memperlihatkan sikap tegasnya, kemampuan tak tergoyahhkan untuk berpikir jernih, dan kemampuan untuk memilah-milah dan mengesampingkan stres.cu

9. Flexibility
Secara alami, orang-orang dapat menjadi waspada saat meninggalkan zona nyaman mereka yang dibentuk oleh repertoar (arti repertoar) kerja keras mereka. Fleksibilitasa adalah sebuah skill yang sanagt penting karena menunjukkan kemampuan dan kemauan untuk mendapatkan hard skill lainnya, dan keterbukaan pikiran (open-mindness) terhadap tugas-tugas dan tantangan baru.

10. Negotiation and Conflict Resolution
Menyelesaikan konflik bergantung pada kekuatan kemampuan interpersonal (Berkomunikasi antara 2 pihak atau lebih) dan  kemapuan untuk membangun hubungan dengan kolega yang memyerupai klien.

Itulah 10 kunci dari soft skills yang utama. Terimakasih karena telah membaca tulisan saya yang masih sangat berantakan ini, tulisan ini hanya saya terjemahkan dengan mengubah sedikit bahasa dari web wikijob.co.uk tanpa merubah maksud aslinya. Saya menerima kritik dan saran yang membangun untuk masa depan blog ini, silahkan menggunakan kolom komentar sebagai media berdiskusi kita.

"Keberhasilan bukanlah milik mereka yang pintar, melainkan milik mereka yang selalu senantiasa berusaha" 
- B.J. Habibie

Komentar

Posting Komentar