Jenis-jenis Pemimpin

 

Jenis-jenis Pemimpin


A.    Pemimpin Transaksional: Sri Mulyani

Sri Mulyani adalah seorang Menteri Keuangan dari Indonesia sejak 2016. Sri Mulyani adalah seorag pemimpin yang sangat berpengaruh di bidangnya selain karena pencapaian karirnya yang luar biasa namun kebijakan-kebijakannya yang dapat menyelamatkan negara saat menjabat menjadi Menteri Keuangan.  Salah satu kebijakannya adalah reformasi pajak yang akan diberlakukan pada tahun 2021 yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi ekonomi nasional tanpa membebankan masyarakat.

 

B.    Pemimpin Transformasional: Stephen Curry

Stephen Curry bukanlah seorang petinggi negara maupun petinggi di salah satu bisnis terkemuka di dunia. Stephen Curry adalah salah satu pemain basket terbaik yang ada di NBA saat ini. Stephen Curry adalah salah satu pemimpin transformasional dikarenakan Curry adalah seorang kapten tim Golden State Warriors (GSW) yang telah menjuarai NBA sebanyak 3 kali, Stephen Curry dan permainan 3 poinnya tidak hanya mengubah pola permainan basket di NBA melainkan di seluruh dunia. Jika kita melihat statistik, pola permainan 3 poin sebelum GSW menjadi juara dunia adalah tidak lebih dari 4 orang di setiap tim yang mencetak 3 poin, namun setelah tren 3 poin oleh Stephen Curry, minimal terdapat 7 orang dalam tim yang mampu mencetak 3 poin. Oleh karena itu, Stephen Curry adalah pemain yang sangat berpengaruh dalam sejarah NBA.

 

C.    Pemimpin Karismatik: Richard Branson

Richard Branson adalah seorang pebisnis yang mendirikan Virgin Group yang merupakan sebuah Venture Capital dan Multinational Conglomerate Company. Beliau ini adalah salah satu contoh dari pemimpin yang berkarisma. Contoh sifat yang membuat beliau disukai oleh para bawahan dan partnernya adalah:

1.     Percaya diri dan optimis

2.     Gaya berkomunikasi yang menarik orang banyak (audiens)

3.     Berani mengambil risiko, dan

4.     Menunjukkan kreativitas

 

D.    Pemimpin Visioner: Peter Thiel

Peter Thiel adalah seorang pengusaha, pengelola investasi, dan pemodal usaha. Beliau membantu Elon Musk mendirikan PayPal dan menjadi CEO. Peter Thiel merupakan salah satu pemimpin yang visioner karena beliau mampu melihat pasar dan tren di masa depan. Oleh karena itu, setelah mendirikan PayPal, beliau adalah orang pertama yang berinvestasi pada startup yang mengubah dunia seperti Facebook, AirBnB, SpaceX, dan Palantir. Bahkan dengan kemampuannya yang mampu menganalisis pasar, beliau dapat menulis jurnal di Wall Street yang berjudul “Competition is For the Loser  dan buku yang berjudul Zero to One yang membahas tentang bagaimana cara membuat startup yang sukses dan memiliki inovasi yang dapat mengubah dunia berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh Peter Thiel saat beliau membangun PayPal bersama Elon Musk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soft Skills